Monday 29 June 2015

Wow, Imam Besar Masjidil Haram Ini Berasal dari Minangkabau

Diposkan oleh bowjie narre di 14:25


Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi
Gaes, kita sudah sepatutnya berbangga dengan Ranah Minangkabau ini, itu sudah pasti dan harus ya gaes. Kita tau kalau ranah urang awak ini  banyak melahirkan tokoh-tokoh besar, tokoh bangsa, ahli teknologi, para sastrawan dan penulis, pengusaha, alim ulama dan bidang lainnya.

dan gaes tau tidak, salah satu yang harus kita banggakan adalah Imam Masjidil Haram (Non Arab) yang pertama berasal dari Ranah nan indah ini, Minangkabau. Adalah Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi namanya. Dilahirkan di Koto Tuo - Balai Gurah, IV Angkek Candung, Agam, Sumatera Barat, pada hari Senin 6 Dzulhijjah 1276 H (1860 Masehi) dan wafat di Mekkah hari Senin 8 Jumadil Awal 1334 H (1916 M).
 
Banyak sekali murid dari beliau yang menjadi ulama-ulama besar Indonesia, antara lain adalah Abdul Karim Amrullah (Haji Rasul) ayah dari Buya Hamka; Syaikh Muhammad Jamil Jambek, Bukittinggi; Syaikh Sulaiman Ar-Rasuli, Candung, Bukittinggi, Syaikh Muhammad Jamil Jaho Padang Panjang, Syaikh Abbas Qadhi Ladang Lawas Bukittinggi, Syaikh Abbas Abdullah Padang Japang Suliki, Syaikh Khatib Ali Padang, Syaikh Ibrahim Musa Parabek, Syaikh Mustafa Husein, Purba Baru, Mandailing, dan Syaikh Hasan Maksum, Medan. Tak ketinggalan pula K.H. Hasyim Asy'ari dan K.H. Ahmad Dahlan, dua ulama yang masing-masing mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, merupakan murid dari Syaikhul Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah ini.

Karya-karya yang beliau tulis pun tidak sedikit. Kita sebagai masyarakat Minangkabau yang menetap di Ranah Minang atau pun keturunan Minangkabau yang lahir dan dibesarkan di negeri rantau patut berbangga.
#banggaminangkabau

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez