Sunday 19 April 2015

Yuk Ke Pemandian Aia Angek Bukik Kili

Diposkan oleh bowjie narre di 23:13


Dingin,,dingin,,,dimandiin nanti masuk angin, masih ingat lagu itu ga teman? Yup, benar..lagu obok-oboknya Joshua, penyanyi cilik yang ngetop dizamannya yang sekarang udah remaja. Teman, cerita kali ini ga ada hubungannya sih sama Joshua, tapi ada hubungannya dengan judulnya lagunya ini, air, ya..air..kali ini cerita perjalananan saya yang tidak seberapa ke Pemandiaan Aia Angek Bukik Kilik Solok, Sumatera Barat, Indonesia, hahhaha lengkap ya…

Berhubung malam semakin larut dan dingin menusuk kedalam relung sukma, Saya dan bersama 3 orang teman memutuskan melakukan trip dadakan ke sini. Maklum cuaca jelang tengah malam yang dingin rasanya cocok untuk berendam di aia angek ( air panas ), tujuannya adalah mencari kehangatan ditengah malam, ssttt,,,jangan ngeres ya fikirannya ya teman sekalian juga katanya kalau berendam di air panas juga berguna untuk terapi kesehatan.


Pemandian Aia Angek Bukik Kili ini berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Kalau teman dari Kota Solok, pemandian ini hanya berjarak sekitar 8 km, kira-kira membutuhkan waktu 15 menit dengan kendaraan. Sedangkan teman-teman yang dating dari arah Kota Padang, pada KM 53 disebelah kanan lintas Padang-Solok , setelah Nagari Cupak, teman-teman akan menemukan tugu bertuliskan Masjid Al-Ikhwan, nah disitulah lokasi Pemandian Aia Angek Bukik Kili.

Untuk mencapai lokasi pemandian ini , memang sangat mudah. Lokasi ini bisa diakses dengan gampang dengan transportasi umum, karena memang letaknya tidak terlalu jauh dari jalan raya. SEkitar 20 meter dari jalan raya, teman-teman bisa menemukan sebuah lokasi pemandian aia angek yang lokasinya aman dan nyaman untuk berendam, kabarnya suhu air panasnya disini selalu stabil, tidak terlalu panas, cocok untuk berendam walau dalam waktu yang lama sekalipun.

Kebetulan salah seorang teman saya, kenal dengan salah seorang pemuda disana, yang jagain digerbang, jadi alhamdulilah dan sesuatu, kami ga bayar buat masuk, hanya bayar parkir mobil 5 ribu rupiah, eh tapi teman jangan khawatir biaya masuk kesini kalau ga salah cuma 3 ribu perorang, ga mahal-mahal amat kan?

Kolam pemandian ini terletak dalam komplek masjid, ada  2 kolam yang telah dibangun sedemikian rupa, 1 kolam untuk pria dan 1 lainnya tentu saja untuk wanita. Jadi buat cewe-cewe yang mau berendam kesini ga usah khawatir karena memang pria dan wanita tidak akan ditemkan berendam dalam 1 kolam yang sama, kolamnya  berukuran kira-kira 25x25 meter.

Ini nih Kolam Pemandiannya Teman,,,
Aia angek ( air panas ) disini konon berasal dari perut Gunung Talang yang ada di Solok, dengan debit air yang relatif besar, pemandian ini memiliki kadar belerang yang dominan yang mengakibatkan suhu air menjadi panas.

Dari beberapa artikel yang saya baca, saya tidak mendapatkan informasi tentang asal muasal Pemandian Aia Angek Bukik Kili ini, pun mengenai keterangan resmi soal kadar belerang yang terkandung dalam air panas tersebut. Tetapi faktor budaya telah memberi kepercayaan kepada kebanyakan orang untuk selalu datang ke Pemandian Aia Angek Bukik Kili bukan sekedar untuk mandi, tetapi sekaligus sebagai usaha pengobatan alternatif secara alamiah. Terutama mereka yang telah berusia lanjut, adakalanya menginap di lokasi pemandian untuk terapi kelumpuhan, serta untuk pengobatan penyakit kulit.

Ya disini memang ada fasilitas penginapan untuk teman-teman yang menginap, kira-kira 100 ribu perkamar, jadi untuk teman-teman yang habis berendam air panas, dan ingin istirahat langsung, mungkin bisa memanfaatkan fasiltas yang disediakan oleh pihak pengelola disini. Kalau untuk makan jangan khawatir, disini banyak sekali penduduk setempat yang berjualan, baik itu nasi goreng, mie rebus, minuman, anek cemilan, trus kalau yang lupa bawa celana pendek, juga ada kok menyediakan disini.

tebak-tebak ini kaki siapa??
Selain hanya untuk berendam saja, banyak pengunjung yang dating kesini untuk terapi kesehatan, bisanya para orang tua yang memang sengaja berkunjung kesini untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit tulang, kulit dsb.

Satu hal yang kurang enak dipandang mata adalah banyaknya pengunjung yang mandi disana dengan  menggunakan sampo dan sabun, trus sampahnya dibiarkan begitu saja terletak dipinggir kolam, bikin kotor dong, tapi mudah-mudahan kalau teman kesini hal yang beginian ga usah ditiru ya. Abis berendam disini, jangan lupa mandi dengan air biasa ya teman, teman-teman ga perlu khawatir karena dilokasi pemandian ini juga sudah dilengakapi dengan kamar bilas yang standar juga.

Nah gimana, kalau misalkan teman-teman kedinginan, silahkan berkunjung ke Pemandian Aia Angek Bukik Kili, Solok untuk mencari kehangatan, hahahahahhaa.

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez