Thursday 25 June 2015

Gaes..Tanggal 30 Juni 2015 Sehari Semalam Lebih dari 24 Jam Lo.....

Diposkan oleh bowjie narre di 16:23


Ilustrasi:net


Gaes, kamu pasti pernah pernah kan berkata coba aja satu hari lebih dari 24 jam? selamat ya, ucapan serta pengharapan tersebut sepertinya akan menjadi kenyataan. Apa?? Jangan shock dulu gaes, nyantai aja karena itu terjadi bukan hari ini, melainkan tanggal 30 Juni 2015 besok, jadi menurut para ahli pada tanggal ini waktu akan lebih lama dari bulan Juni pada tahun lainnya.


1 hari tanggal 30/6/2015 waktunya bukan 24 jam, tapi akan menjadi lebih panjang menjadi 24 jam 1 detik. Nah pada tanggal tersebut  hari akan berakhir bukan pada pukul 23.59.59, tapi hari akan berakhir pukul 23.59.60. Tapi tenang gaes, tanggal 1 Juli nya akan tetap dimulai pada 00.00.00.

Lah, kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut artikel-artikel yang saya baca nih gaes ternyata detik tambahan ini disebut dengan detik kabisat. Penambahan sendiri dilakukan menurut keputusan Internasional Earth Rotation and Reference Systems Service di Paris pada tahun 1972.

Tujuan dari detik kabisat ini sebenernya sama dengan tahun kabisat, yaitu menyesuaikan waktu dengan gerakan Bumi yang sebenarnya. Tapi bedanya detik kabisat dan tahun kabisat, kalo tahun kabisat perbedaan waktu tersebut disebabkan oleh gerakan Bumi mengelilingi matahari yang sebenarnya bukan tepat 365 hari, melainkan 365,25 hari.

Kalo setahun tetep dibiarin terus 365 hari, kan nanti lama-lama waktu akan semakin gak sesuai dengan gerakan bumi yang sebenernya. Terus kalo satu hari dibiarin 365,25 hari, nanti ada hari yang bakal berakhir di jam 6 sore atau bahkan 12 siang, makanya untuk menyinkronkan waktu ditambahkan lah satu hari pada tahun yang habis dibagi 4 tapi tidak habis dibagi 100 dan 400.

Nah untuk kasus detik kabisat ini, penyebabnya lebih rumit, yaitu karena gravitasi matahari dan bulan membuat rotasi Bumi lebih pelan. Belum lagi peristiwa-peristiwa di Bumi seperti gunung meletus, gempa, pencairan es, dan lain sebagainya yang juga memengaruhi kecepatan rotasi Bumi.

Berdasarkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), hari di Bumi lebih panjang 2,5 milidetik sejak tahun 1820. Kenapa sepersekian detik itu jadi penting? Ya pikirin aja sekarang kan kita hidup di jaman yang menuntut ketepatan waktu, seperti GPS, satelit, smartphone, dan yang lainnya. Jadi kalo ada perhitungan waktu yang meleset sedikit aja pasti bisa jadi berabe. Penambahan satu detik ini dilakukan pada waktu Coordinated Universal Time (UTC).

Detik kabisat ini periodenya setiap interval 7, 3, 3,5, dan 3 tahun. Biar tepat waktu, kamu bisa menyinkronkan waktu kamu setelah menambahkan detik kabisat di bulan Juni atau Desember. Sedetik doang sih, tapi menurut kamu penting gak?

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez