Monday 29 June 2015

Sala Bulek Pariaman, Lezattt !!!!!!

Diposkan oleh bowjie narre di 23:46

Sala Bulek Pariaman Siap Untuk Disantap


Gaes, kalau kamu jalan-jalan ke Pariaman, pasti rasanya tidak lengkap kalau belum mencicipi kuliner yang satu ini, sala bulek. Kuliner kebanggaan Pariaman ini memang menjadi salah satu kekayaan kuliner di Minangkabau yang memang banyak diminati tidak hanya bagi warga lokal tapi juga para wisatawan.


Kuliner ini berbentuk bola kuning yang ukurannya lebih kecil dari bola pingpong, rasanya tidak usah diragukan lagi, renyah dan gurih bercampur menjadi satu membuat siapapun yang mencicipinya akan membuat ketagihan untuk terus menyantapnya.

Kuliner yang terbuat dari tepung beras ini, kerab disandingkan dengan campuran makanan berat saat sarapan pagi, sebagian besar masyarakat Pariaman menyantap sala bulek bersama katupek gulai paku (ketupat gulai paku) khas Piaman, benar-benar sebuah santapan yang luar biasa.

Sala bulek merupakan gorengan yang terbuat dari adonan tepung dan ikan asin sehingga rasanya sangat lezat dan juga gurih. Terbuat dari tepung beras, cabe, kunyit, bawang-bawangan, garam, serta ikan asin. Untuk rasa memang tidak terlalu pedas dan dicampur dengan potongan-potongan ikan asin yang membuat rasanya semakin khas.

Kenikmatan Sala Lauak sudah tercium dari aromanya yang khas. Karena irisan daun kunyit dalam sala bulek begitu mengundang selera, karena rasanya yang gurih lembut di dalam namun begitu krispi dan garing diluar. Banyak yang mencoba membuat sala lauak, namun keistimewaan sala lauak yang dibuat oleh orang asli Pariaman ini tetap tiada duanya, karena dominasi rasa ikan asin yang gurihnya meleleh dilidah.

Untuk menemukan penjual sala bulek di Pariaman sangat gampang sekali, banyak penjual sala berjualan dipinggir jalan atau dilokasi wisata seperti Pantai Gandoriah, harganya murah meriah rata-rata satu biah sala bulek dijual seharga 250 perak, artinya kalau beli 1000 rupiah dapat 4 buah, murah banget kan.

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez