Tuesday 13 February 2018

Hati-Hati Belanja di Hongkong

Diposkan oleh bowjie narre di 12:13
Hongkong adalah surga belanja dengan pajak yang sangat rendah maka barang2 yang dijual disana jauh sangat murah di berbagai negara, tapi ini pengalaman yang sangat berharga ketika belanja di hongkong.

foto tidak sesuai tulisan, hahaha
Kejadian ini saya alami akhir bulan yang lalu. Saya bersama teman bermaksud membeli sebuah kamera Canon type 5Ds. Kenapa belinya di Hongkong? karena kata teman saya tersebut selisih harga yang cukup besar antara di Indonesia dan disana.

Kami berhenti disebuah toko yang lumayan gede dikawasan Tsim Sha Tsui. Setelah tanya-tanya, pemilik toko mengatakan harganya 17.000 HKD, harga yang tidak jauh berbeda dengan harga hasil searching di internet utk HK yaitu sekitar 19.000 HKD sedangkan harga di indonesia sekitar 46 jt. 
Sipenjual menyatakan barang mesti ambil digudang, sesuatu hal yang biasa terjadi untuk membeli barang-barang type premium, tanpa rasa curiga teman saya menggesekkan CC-nya sesuai permintaan si penjual. Setelah itu si penjual menuliskan dalam nota,   Canon 5Ds A-PSC. Kami heran, kok ada kode tersebut untuk barang yang kami beli, padahal yang kami pesan bukan itu. Setelah minta waktu sejenak, kami mencoba searching dan menghubungi teman-teman di Indonesia, untuk menanyakan apa maksud kode tersebut. Kesimpulan yang kami dapat  menyatakan kalau barang tersebut berbeda. 

Kami mencoba protes dan mengklarifikasi istilang A-PSC , kami bilang type camera tersebut  tidak ada yang APSC, tapi si penjual ngotot, mereka bilang yang ada di Hongkong saat ini ya type tersebut gak ada yang full frame. Penjual ngotot dia hanya bisa kasih yang A-PSC. Kami menunggu barang tersebut diambil dari gudang, setelah itu si penjual ngomong barangnya type refurbished, what? Kami speechless campur kaget, lah kok ga ngomomong sih penjual ini diawal transaksi. Tapi sipenjual beralasan barangnya seperti baru, kami minta cancel pembelian, si penjual ngotot tidak mau cancel harus beli barang tersebut atau ganti barang dengan spek lain Canon 5D Mark IV seharga 23.500 HKD, yang harganya tidak jauh berbeda di indonesia. Kami mulai panik dan memikirkan bagaimana cara membatalkan transaksi ini. 

Kami bingung, caranya gimana, oh Tuhan, ini sipenjual ngotot harus ambil barangnya. Kami mencoba menelepon teman2 diIndonesia mencari solusi. Akhirnya kami pura-pura keluar toko, dan mengatakan kepemilik toko bahwasannya saya akan melapor kepos polisi terdekat. Kami keluar toko, dan mengatakan ke pemilik toko , " We solve this problem by law". Kami melangkah keluar toko, pemilik toko mulai ketakutan dan membalikkan biaya yang sudah dikeluarkan. Alhamdulilah.

Lalu kami mencoba mencari ke toko lain, tetapi kondisi yang dihadapi sama, barang tidak ada di toko mesti ambil digudang dan mesti bayar dulu. Ah sama saja ternyata, ya sudahlah, saya bilang sama temen, kapan-kapan aja beli cameranya dan beliau menyetujuinya.

Pesan moral:
1. Jangan pernah membayarkan uang untuk barang yang tidak ada ditoko pastikan mereka sudah mengambil barang, kemudian cek barangnya baru bayar.
2. Perhatikan orang lokal berbelanja jika orang-orang lokal tidak ada yang berbelanja disana sudah pasti itu turis trap. 
3. Lakukan searching di internet terlebih dahulu untuk menentukan toko yang direkomendasikan sebab kasus penipuan di Hongkong sudah banyak diulas.
4. Perhatikan nomor seri yang tertera diproduk dengan yang ada di kartu garansi (tidak soal garansi tersebut berlaku di Indonesia atau tidak tapi pastikan ada kartu garansi minimal garansi khusus Hongkong), penjualan barang2 KW sangat marak dihongkong atau barang yang dipackaging seperti baru. Intinya jangan sampai maunya untung ee malah bunting.




0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez