Tuesday 21 April 2015

Danau Tarusan Kamang, Sepotong Surga di Sumatera Barat

Diposkan oleh bowjie narre di 16:12


Trip saya kali ini gaes, masih bertemakan Wonderful West Sumatera. Tujuannya adalah kesebuah lokasi yang booming karena seringnya muncul diberanda, timeline dan recent update beberapa akun media sosial akhir-akhir ini. 

Kami menamakan trip kali ini menuju sepotong surga yang ada ditanah Sumatera, sedikit lebay? Ga juga, karena memang begitu mempesonanya tempat yang satu ini, yaitu Danau Tarusan Kamang yang lokasinya berada di Jorong Halalang dan Jorong Babukik, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Sebenarnya ga ada rencana kesini, awalnya saya bersama 3 teman lainnya berencana menuju Air Terjun Langkuik di Malalak, cuma karena diperjalanan hujan, tidak memuaskan rasanya wisata ke air terjun dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Rapat dadakan digelar dalam tempo yang sesingkatnya ditengah perjalan kemana tujuan kali ini, alhasil Wisata Danau Tarusan Kamang, Agam menjadi pilihannya. Objek wisata ini memang belum begitu populer, tapi seperti yang saya kemukan diatas, the power of social media, menjadikan lokasi ini sebagai salah satu destinasi kekinian di Sumatera Barat.

nah ini dia lokasinya,,narsis dikit,,boleh lah ya...
Kalau teman-teman masuknya dari arah Bukittinggi,  Tarusan Kamang ini jaraknya sekitar 20 km dan bisa ditempuh kurang lebih 20 menit dengan kendaraan bermotor. Lokasi ini berada pada sisi utara Kota Bukittinggi, dari Jalan Raya Bukittinggi-Payakumbuh belok ke kiri di Simpang Limau, kemudian lurus menuju Simpang Tigo Koto Panjang, belok kiri sampai di Pakan Sinayan, terus belok kanan,lurus lagi dan sekitar 3 atau 4 km kita akan menemukan Danau Tarusan Kamang ini. Kalau naik angkutan umum, teman-teman bisa naik angkutan kode 01 jurusan Kamang Mudiak Pakan Sinayan.

Lokasi ini memang belum dikelola secara resmi sebagai objek wisata, dikelola oleh pemuda-pemuda setempat, waktu kami kesana, bayar parkirnya 10 ribu untuk 1 mobil. Awalnya agak kecewa ketika baru masuk lokasi karena memang cuma seperti padang rumput biasa, “capek-capek kesini Cuma dapet beginian?” begitu gerutu saya kepada seorang teman? tapi kemudian kekecawaan itu perlahan menghilang ketika saya memasuki area semakin kedalam, dan memang tidak salah kalau lokasi ini dianggap sebagai sepotong surga yang jatuh kebumi...hahahaha

Nah setelah terdampar disini, apa yang kita temukan? Kenapa lokasi ini begitu mengundang penasaran semua orang, ternyata eh ternyata danau nya memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Keunikannya menurut informasi yang saya baca adalah air danau yang tidak menentu, kadangkala danau ini akan kering dan hanya menyisakan sedikit air pada bagian tengahnya, akan tetapi danau juga akan digenangi dengan air yang melimpah. Sumber airnya bukan berasal dari anak sungai namun dari mata air yang keluar dari tebing-tebing bukit barisan yang mengapitnya. Berdasarkan cerita penduduk lokal disini, juga dikatakan munculnya air karena adanya lubang dicelah batu atau yang biasa disebut dengan pupukan di dasar danau tempat muncul dan menghilangnya air yang kemungkinan dibawahnya ada semacam tarusan atau jalan air yang berasal dari bukit barisan yang mengelilingi Nagari Kamang ini.



Disini anda bisa menyaksikan sebuah danau yang unik, dimana letak uniknya? menurut warga kadang-kadang danau bisa terlihat luas, kadang-kadang bisa mengering dan menyisakan hamparan padang rumput hijau yang begitu mempesona. Kenapa hal bisa terjadi? Para ahli yang pernah meneliti disana menyebutkan hal ini disebabkan sungai bawah tanah. Danau Tarusan Kamang ini digolongakn menjadi Danau Karts, yakni danau yang terbentuk karena pengikisan batu kapur oleh air, ketika air tanah naik, lorong-lorong dibawah bukit batu akan mengeluarkan air dan menutupi padang rumput yang menyebabkan terjadinya danau. Sebaliknya ketika air sungai bawah tanah turun, air tersedot hingga yang terlihat padang rumput.

Kalau anda kesini anda juga akan melihat ada sebuah gundukan tanah yang menyerupai pulau yang di tengah nya ada sebatang pohon. Kata orang-orang sih ini pulau ajaib, ketika air menyusut pulau ini turun dengan sendirinya, ketika air naik, pulau itu juga ikutan naik,,,hahahaa....gokil nih pulau,,,

Danau ini juga dikelilingi bukit-bukit kapur yang indah dan diperkirakan sudah berusia jutaan tahun. Dikaki bukitnya terdapat goa-goa yang jarang dijelajah oleh orang-orang. Masyarakat sekitar palingan hanya memanfaatkan mulut goa untuk tempat memancing.

Kalau anda kesini enaknya sorean sekitar pukul 15.00 kebawah, suasana seperti ini nyaman banget untuk anda bercengkarama, foto-foto atau sekedar santai dipadang rumput yang  hijau, kalau dilihat sepintas padang rumput disini juga seperti perbukitan di serial anak-anak teletubbies. Kalau mau mengitari danau, anda bisa memanfaatkan rakit-rakit yang disediakan penduduk sekitar, tarifnya 5 ribu saja perorang.
fokus fotonya yang dibelakang lagi pacaran ya,,,


padang rumputnya benar-benar hijau mempesona




kabarnya perbukitan kapurnya diperkirakan berusia jutaan tahun


 



goa-goa dikaki perbukitan
berakit-rakit kita kehulu,,tapi ini tidak pake berenang..

2 komentar:

fanny_dcatqueen on 23 April 2015 at 18:18 said...

cakep bgt danaunyaaa ^o^.... kalo ke sumbar, mainnya selalu ke padang ato bukittinggi... blm prnh ksana.. foto yg paling bawah agak2 mirip lapangan golf gitu ya... padang rumput, ada kolam2 kecil... ;p

Safira Nisa on 1 July 2015 at 21:39 said...

Rumputnya kayak rumput lapang golf :')))

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez