Thursday 16 April 2015

Objek Wisata di Kota Pariaman Yang Harus Anda Kunjungi

Diposkan oleh bowjie narre di 11:50
Untuk anda yang ingin menikmati liburan di Kota Pariaman, ini dia objek-objek wisata yang harus anda kunjungi di Kota Tabuik ini, apa saja, lets see.. 

1. Pantai Gandoriah 
Pantai Gandoriah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman. Pantai ini dilewati oleh kereta api datang setiap hari dari stasiun Simpang Haru Padang menuju stasiun Pariaman. Di pantai Gandoriah ini setiap tahun dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik di waktu matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram.



 2. Kawasan Konservasi Penyu 
Penangkaran penyu ini terletak di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara termasuk salah satu objek wisata andalan di Pariaman. Penangkaran penyu memiliki sekitar 600 butir telur yang siap ditetaskan. Biasanya telur dapat menetas dalam waktu 58 hari. “Jenis penyu dalam konservasi itu yakni penyu hijau (Chelonia mydas),penyu sisik (Eretmochelys imbricata) serta penyu lekang (Lepidochelys olivacea). Selain bisa melihat ragam jenis penyu serta pembibitan, disini wisatawan bisa menikmati indahnya pantai serta bisa melepaskan tukik (anak penyu) ke laut. 


3. Muaro Mangguang 
Untuk anda yang ingin menikmati indahnya matahari terbenam sembari menikmati hamparan muara, disinilah tempatnya. Kawasan yang baru selesai direnovasi oleh Pemko Pariaman ini kini mejadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi, disini anda bisa melakukan aktifitas memancing, jogging, dan menikmati jagung bakar serta berbagai makanan khas laut yang dijajakan oleh masyarkat setempat.


4. Pantai Cermin
Pantai cermin terletak di desa karan aur 1,5 km ke selatan Kota Pariaman. Secara fisik pantai cermin cukup landai dengan kemiringan 0-2% bagian pinggiran sebagian besar ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang. Potensi alam sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi pantai relatif terjaga. Warna pasir kuning gading tanpa lumpur, menambah asyiknya berwisata bersama keluarga. Fasilitas di area ini cukup memadai dan relatif aman. Di lokasi ini terdapat berbagai rumah makan yang cukup representatif menyediakan menu seperti gulai kapalo ikan, cumi goreng dan aneka jenis ikan laut dan minuman segar lainnya. 

5. Pantai Kata 
Kata adalah nama dua desa yang berdekatan yaitu “Karan Aur dan Taluk”. Karena berlokasi pada dua daerah ini, maka pantai indah ini dinamakan Pantai Kata. Pantai ini juga terkenal indah, dengan perpaduan kerindangan cemara dan hembusan semilir angin laut nan nyaman serta pasir putih yang bersih. Menuju pantai ini, pengunjung juga bisa menggunakan sarana trasportasi tradisional, yakni bendi, ojek, dan angkutan kota. 


6. Pulau Angso Duo 
Pulau Angso Duo ini adalah salah satu pulau kecil yang ada di kota Pariaman dan merupakan pulau yang berjarak paling dekat dengan bibir pantai kotaPariaman. Pantai yang paling tepat untuk menyebrang ke Pulau Angso Duo ini adalah Pantai Gandoriah. Jika anda ingin menghabiskan liburan disini, anda bisa membeli tiker seharga 35 ribu rupiah (PP) itu sudah termasuk asuransi. Untuk menuju ke Pulau Angso Duo, anda dapat menggunakan jasa perahu nelayan ataupun speedboat, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari Pantai Gandoriah. Ngapain anda disini? Anda bisa menikmati hamparan pasir putih bersih, wisata religi kuburan panjang dan melakukan aktifitas pantai pada umumnya seperti berenang, snorkling dan memancing. 


7. Pulau Kasiak
Pulau Kasiak merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat dilepas pantai Pariaman. Pulau ini berjarak lebih kurang 3 Mil dari bibir pantai Gandoriah dengan luas lebih kurang 0,5 hektare. Di pulau Kasiak terdapat sebuah mercusuar DSI (Daftar Suar Internasional) setinggi 40 meter berdaya pancar radius 40 Mil dengan kode tertentu yang dimengerti oleh para pelaut. DSI dijaga oleh pegawai dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang punya kantor cabang di Bungus Padang dan sebuah pos di Pariaman. Nah di mercuar inilah para pengunjung mengabadikan momen indahnya pulau dari ketinggian, tapi anda harus minta izin dulu ya sama petugasnya. Selain bisa menikmati karang-karang indah bawah laut disini terdapat pusat penangkaran penyu alami milik Pemko Pariaman dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman. 


8. Pantai Belibis 
Sebagai daerah pantai, tentunya Kota Pariaman memiliki banyak pantai indah. Disamping pantai-pntai yang sudah terkenal seperti yang dibaghas diatas, ada juga pantai yang belum diketahui orang banyak, salah satunya adalah Pantai Belibis ynag terletak di Desa Padang Biriak-Biriak Kecamatan Pariaman Utara. Berjarak kurang lebih 6 km dari pusat kota, dipantai ini anda bisa menikmati hamparan pasir putih dan juga hutan bakau yang masih asri, masyarakat sekitar menyebut lokasi ini dengan Muaro Nareh. 


Jadi tunggu apalagi, #ayokepariaman , rencanakan liburan anda bersama orang-orang tercinta kesini, dijamin ga bakal nyesal deh..

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez