301. Nan salajang kudo balari, nan
sahentak kuciang malompek.(Panjang rumah adat yang menjadi
kebanggaan masyarakatnya)
302. Nan basasok bajarami, nan
bapandan bapakuburan, soko pusako kalau tadalami, mambayang cahayo
diinggiran.(Mendalami ajaran adat Minang dan filsafatnya serta dapat
diamalkan dalam pergaulan akan menggangkat martabat kemanusianya)
303. Nan tuo dihormati, nan ketek
di sayangi, samo gadang baok bakawan.(Selalulah
menghormati orang tua, lebih-lebih ibu dan bapak dan orang tua
umurnya dari kita, sayangi anak-anak, hormat menghormat sama sebaya)
304. Nan suku babuah paruik,
korong kampuang didalam jurai, dek urang tuo lah lamo hiduik, dunialah
lamo inyo pakai.(Menghormati orang tua dari kita
umurnya, bukan tergantung kepada ilmu dan kepandaiannya saja, tetapi karena
ketuaannya)
305. Nagari bapaga undang,
kampuang bapaga buek, tiokmlasuang ba ayam gadang, salah tampuah buliah
diambok.(Patuhilah norma-norma yang berlaku didalam masyarakat, karena
setiap masyarakat mempunyai normanya sendiri-sendiri)
306. Niniak moyang di duo koto,
mambuek barih jo balabeh, Bulek dek tuah lah sakato, nak tantu hinggo jo
bateh.(Patuhilah keputusan bersama yang telah dibuat oleh pemuka kita,
oleh masyarakat dan sipembuat peraturan sendiri)
307. Nan barek samo dipikua, nan
ringan samo dijinjiang.(Didalam adat selalu dianjurkan
agar setiap pekerjaan yang baik dikerjakan secara bersama)
308. Nan sakik iyolah kato, nan
padiah iyolah rundiang. Dek tajam nampak nan luko, dek kato hati taguntiang.(Perkataan
yang menyakiti lebih berbahaya dari pisau yang tajam)
309. Nan sakik iyo lah kato, nan
malu iyolah tampak.(Kata-kata yang berbisa, sama
dengan rasa seseorang yang tahu harga dirinya mendapat malu)
310. Nan mudo biaso bimbang,
manaruah rambang jo ragu, kalau batimbo ameh datang, lungga lah ganggam
nan dahulu.(Meniru-niru kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian
kita, akan menghilangkan kemurnian kebudayaan sendiri dan kehilangan pegangan)
311. Nan dikatokan kato pusako,
iyolah kato undang-undang. Dek lamo tak namuah lupo manjadi padoman pagi jo
patang.(Bagi orang Minang yang memahami ajaran yang terkandung didalam
adatnya, tidak bisa diabaikan dan dilupakan, bahkan menjadi pegangan dan
pedoman dalam hidup)
312. Nak elok lapangkan hati, nak
haluih baso jo basi.(Agar menjadi orang baik dan
disegani selalulah bersifat sabar, dan baik budi bahasa)
313. Nak luruih rantangkan tali,
luruih bana dipacik sungguah.(Selalulah bersifat lurus dan
tulus ikhlas dalam pergaulan, yakni selalu bersifat benar dan jujur)
314. Naiaklah dari janjang,
turunlah dari tango.(Selalulah berbuat sesuai aturan
dan undang-undang yang berlaku, menurut adat dan agama Islam serta
pemerintah)
315. Nanang saribu aka, haniang
ulu bicaro, pikia palito hati, dek saba bana mandatang.(Ketenangan
dalam berpikir, menimbulkan aspirasi yang baik, dan kesabaran mendatangkan
kebenaran)
316. Nak tahu digadang kayu caliak
ka pangkanyo, nak tahu di gadang ombak caliak ka pasianyo.(Kalau
ingin menilai kebesaran atau kebaikan seseorang bergaullah dengan dia)
317. Nan bak mananti aia ilia, nan
bak manutuik manggih langkeh.(Seseorang yang mengharapkan
sesuatu yang tidak mungkin dapat diperolehnya)
318. Nan bak banang dilando ayam,
nan bak bumi diguncang gampo.(Suatu musibah yang datang menimpa
dengan tiba-tiba, yang tidak diduga sama sekali sehingga timbul kekacauan
dan kepanikan)
319. Nan elok dek awak katuju dek
urang, sakik dek awak sakik dek urang.(Berbuatlah
dalam segala perbuatan gerak dan perilaku yang disenangi oleh
orang banyak)
320. Nan mudo pambimbiang dunia,
nan capek kaki ringan tangan, acang-acang dalam nagari.(Pemuda
harapan bangsa ditangan pemuda terletak maju mundurnya bangsa
dimasa depan)
321. Nak jan jauah panggang dari
api, latakkan sasuatu ditampeknyo.(Agar suatu tindakkan dalam
masyarakat tepat pada sasarannya maka serahkanlah sesuatu kepada ahlinya)
322. Nan tahu dikayu tinggi alang,
nan tahu diposo-poso ayam, nan tahu dikili-kili banting.(Yang
mengetahui diseluk beluk dan sifat masyarakat suatu negeri adalah para
cendekiawan negeri tersebut)
323. Ombak barayun manuju pantai,
riak nyato manuju tapi. Indak guno jadi rang pandai, kalau baulemu indak
babudi.(Tak ada arti menjadi seorang pandai kalau tidak mempunyai budi pekerti,
karena hancur masyarakat karena kepandaiannya)
324. Ombak ditantang manuju pulau,
laia dikambang manantang angin.(Untuk mencapai suatu tujuan dan
cita-cita senantiasa mengalami cobaan dan rintangan)
325. Olok-olok mambao sansai,
garah-garah jadi binaso.(Perbuatan dan tingkah laku yang
tidak pada tempatnya, akan membawa akibat yang merugikan)
326. Olak olai rang basiang, sorak
sorai rang karimbo.(Suatu kebiasaan diwaktu
beramai-ramai bekerja, timbul kelakar dan gembira, untuk kegairahan dalam
bekerja)
327. Pulau pandan jauah ditangah,
dibaliak pulau angso duo, hancua badan dikanduang tanah, budi baiak dikana
juo.(Budi bukan hanya diingat sampai mati tetapi akan diperhitungkan
dan diingat dibalik lahad)
328. Pisang ameh baok balaia,
masak sabuah didalam peti, hutang ameh dapek dibaia, hutang budi dibao
mati.(Hutang emas dan perak dapat dibayar tetapi hutang budi dibawa mati)
329. Pucuak pauah sadang tajelo,
panjuluak buah ligundi, nak jauah silang sangketo, pahaluih baso jo basi.(Agar
terjauh dari silang sengketa dalam pergaulan perbaikilah budi dan bahasa, pakai
sifat sopan dan santun)
330. Pado pai suruik nan labiah,
samuik tapijak indak mati, alu tataruang patah tigo.(Kata
kiasan terhadap pemuda pumudi Minang yang mempunyai ketenangan
tetapi tegas dan bijaksana tentang ketangkasannya dan tinggi budinya)
331. Padi disisiak jo hilalang,
tapuang dicampua jo sadah.(Perbuatan kebaikan dicampur
dengan perbuatan kejahatan)
332. Padi ditanam padi tumbuah,
lalang ditanam lalang tumbuah.(Kebaikan yang diperbuat oleh
seseorang akan berbalas dengan kebaikan, begitu juga sebaliknya)
333. Padi dikabek jo daunnyo,
batang ditungkek jo dahannyo.(Kebijaksanaan yang dipakai oleh
seseorang didalam memimpin anak kemenakan, untuk menggongkosinya dicari
suatu usaha)
334. Papek dilua runciang didalam,
talunjuak luruih kalingkiang bakaiek.(Sifat yang
sangat tercela, mulut manis tetapi hati jahat, dan berbisa)
335. Pikia palito hati, tanang
hulu bicaro.(Pikiran yang mempunyai pertimbangan adalah penangkal lampu yang
menerangi bagi hati, dan ketenangan akan mengeluarkan bicara yang berguna)
336. Pilin kacang nak mamanjek,
pilin jariang nak barisi.(Seseorang yang berusaha dengan
cara yang tidak benar untuk mendapatkan sesuatu)
337. Panjeklah batang
tinggi-tinggi, basuo pucuak silaronyo, kalilah urek dalam-dalam basuo urek
tunggang jo isinyo.(Seseorang yang benar-benar
mendalami ajaran adat Minangkabau, dengan menelaah kalimat demi kalimat
dari filsafatnya, dia akan peroleh mutiara berharga untuk kehidupan)
338. Putiah manahan sasah, hitam
manahan tapo.(Yang dikatakan kebenaran boleh tahan uji, asal orang yang waras
semua mengatakan benar)
339. Padang gantiang
baranah-ranah, kahilia jalan kapianggu, sasimpang jalan kasikabu, duduak samo
randah tagak samo tinggi dalam adat Minangkabau.(Didalam
ajaran adat manusia tidak berkasta, tetapi yang membedakan budi dan jabatan
yang dipilih bersama)
340. Pulai batingkek naiak,
maninggakan ruweh jo buku, manusia batingkek turun, maninggakan barih jo
balabeh(Setiap pribadi menurut ajaran adat Minangkabau haruslah berusaha
meninggalkan jasa yang baik terhadap anak cucu dan masyarakat)
341. Partamo banamo Minang,
Minangkabau namo kaduo, nan kayo mandi baranang, nan bansaik bandi
batimbo.(Didalam menghadapi kerja bersama haruslah ikut serta setiap orang
menurut kemampuannya masing-masing untuk pengorbanan)
342. Partamo cupak usali, kaduo
cupak buatan. Kalau dulu disasali manjadi tuah pandapatan.(Sesal
dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna)
343. Patah de mamapek, maja de
mangilia, dek harum talalu angik.(Sesuatu pekerjaan yang
dikerjakan, atau pengajaran terhadap seseorang terlalu melampaui batas hingga
tidak mencapai hasil yang diharapkan)
344. Pucuak dicinto ulam tibo,
sumua dikali aia dapek.(Seseorang yang mencinta sesuatu
yang dirindukan tiba-tiba datang dengan segera)
345. Panakiak pisau sirauik,
ambiak galah batang lintabuang, silodang ambiak ka niru, satitiak jadikan
lauik, nan sakapa jadikan gunuang alam takambang jadi guru.(Adat
Minangkabau dipelajari oleh nenek moyang dahulunya, dari ketentuan
alam terkembang jadi guru)
346. Partamo lareh nan tinggi,
kaduo lareh nan bunta, kalau tak pandai kito mambimbiang indak katantu sah
jo bata.(Bagi seorang bapak/mamak di Minangkabau kalau tidak memberikan
bimbingan sungguh-sungguh terhadap anak kemenakan, tidaklah diketahuinya
sah dan batal)
347. Pandai mangulai
ambuang-ambuang, bak umpamo gulai kincuang, baunnyo maimbau-imbau, tapi rasonyo
amba sajo.(Seseorang yang senantiasa berjanji muluk, tetapi sekalipun tidak
terpenuhi)
348. Pangka kusuik ujuang
bakaruik, ikua kupiak kapalo randah.(Seseorang
yang selalu bersifat ragu dan engan karena kurang pengetahuan dan pengecut)
349. Pandai batanam tabu dibibia,
pandai baminyak aia.(Orang yang selalu bermulut manis,
tetapi di hatinya bersarang dengki dan khianat)
350. Pusek jalo kumpulan ikan,
pucuak usah tarateh, urek ijan taganjak.(Pimpinan
seperti ibu dan bapak, guru, merupakan tumpukan dari segala contoh baik dan
buruk bagi anak-anaknya)
351. Pasa jalan dek batampuah,
lanca kaji dek ba ulang.(Pengetahuan didapat dengan
dipelajari, untuk lebih praktis harus diamalkan dalam kehidupan)
352. Pandai karano batanyo, tahu
karano baguru.(Pengetahuan diperdapat karena belajar, pendidikan dan banyak bertanya
kepada orang yang tahu)
353. Panjang namuah dikarek
senteng namuah dibilai, singkek namuah diuleh, kurang namuah ditukuak.(Sebaik-baik
manusia mau menerima nasehat dari pada orang lain dan menggakui kelemahannya)
354. Rarak kalikih dek minalu,
tumbuah sarumpun jo kayu kalek. Kok habih raso jo malu bak kayu lungga
pangabek.(Kalau rasa malu telah hilang dari manusia, maka manusia itu sulit
untuk diarahkan kepada kebaikan, dan sulit untuk menyusun masyarakat)
355. Ratak indak mambao caro,
rannyuak nan indak mambao hilang.(Persengketaan dalam rumah tangga
dan keluarga, jangan mengakibatkan putusnya hubungan kekeluargaan)
356. Rumah tampak jalan indak
tantu, angan lalu faham tatumbuak.(Seseorang yang ingin mendapatkan
sesuatu, tetapi tidak mendapat jalan dan pengetahuan untuk mencapainya)
357. Raso aia kapamatang, raso
minyak kakuali, nan bakabek rasan tali, nan babungkuih rasan daun.(Seseorang
yang mempunyai hubungan kekeluargaan, sedarah, sekampung,
senagari, senegara, dia akan selalu berpihak dalam pembelaan keluarga)
358. Rumah indak batungganai,
kappa nan indak banangkodoh.(Masyarakat atau keluarga yang
tidak mempunyai pemimpin, sama halnya seumpama kapal tanpa nakhoda)
359. Rumah gadang bari bapintu,
nak tarang jalan kahalaman, kalau dikumpa saleba kuku jikok dikambang
saleba alam.(Ajaran adat Minangkabau akan dapat dimamfaatkan untuk mengatur
masyarakat, semenjak dari yang kecil seperti keluarga, sampai kepada yang
lebih besar seperti negara dan dunia)
360. Riwayaik jambi lah tasabuik,
panjang tajelo disilukah, barih balabeh mangkonyo cukuik, sampai ka hulu
baru sudah.(Ajaran adat Minangkabau dengan segala persoalannya dapat dipahami
apabila didalami. Adat sebagai kebudayaan dan adat sebagai budi pekerti)
361. Rupo mangatokan harago,
kurenah manunjuakan laku, walau nan lahia tampak dek mato, nan bathin
tasimpan dalam itu.(Kalau dipelajari ajaran adat yang
dihimpun dalam pepatah petitih, mamang dan bidal, mengandung arti lahir
dan bathin)
362. Raso dibaok naiak, pareso
dibaok turun.(Pembinaan pribadi yang baik hendaklah dimulai dalam lingkungan
anak kemenakan)
363. Raso kabarek dilapehkan, raso
kasulik dielakkan, bak cando mangganggam baro.(Seseorang
yang tidak bertanggung jawab kepada tugas dan kewajibannya)
364. Surang makan cubadak, sadonyo
kanai gatahnyo, saikua kabau bakubang sakandang kanai luluaknyo.(Sesuatu
perbuatan yang tercela menurut adat dan agama di Minangkabau yang dikerjakan oleh
seorang anggota masyarakat, maka malu dirasakan oleh seluruh anggota kaum
yang lain)
365. Sio-sio- nagari alah, kalau
cilako utang tumbuah.(Pekerjaan yang sia-sia dan
berbahaya akan mengakibatkan kerugian bersama, berbuat salah mengakibatkan
terjadinya hutang)
366. Sayang di anak dilacuti,
sayang di kampuang ditinggakan.(Kalau sayang kepada anak jangan
dibiarkan dia mengerjakan yang tidak baik, harus dimarahi. Kalau cinta
sama kampung harus ditinggalkan untuk mencari pengetahuan untuk
disumbangkan akhirnya kelak)
367. Sadang manyalam minum aia,
sadang badiang nasi masak.(Sesuatu pekerjaan yang dapat
dikerjakan sambil lalu, dengan tidak mengurangi kepada pekerjaan yang sedang
dilakukan)
368. Senteang bilai mambilai,
panjang karek mangarek.(Hendaklah memberikan pertolongan
kepada teman yang sedang dalam kesusahan, dan memberi nasehat kalau dia
terlanjur)
369. Satitiak jadikan lauik,
sakapa jadikan gunuang.(Berusahalah dengan dasar
pengetahuan yang ada untuk melanjutkan mencapai pengetahuan yang lebih
tinggi)
370. Suri tagantuang ditanuni,
luak taganang kito sauak.(Tentang ajaran adat yang secara
mutlak dilaksanakan, tanpa dimusyawarahkan)
371. Sakalam kalam hari sabuah
bintang bacahayo juo.(Tidak seluruh orang keluar dari
garis kebenaran, sekurang-kurangnya satu orang ada yang menegakkannya)
372. Sabanta sakalang hulu,
salapiak sakatiduran.(Dua orang berteman secara akrab
yang sulit untuk dipisahkan)
373. Sandi banamo alua adat,
tonggak banamo kasandaran.(Hikmah rumah adat di Minangkabau,
yang sendinya kebenaran bersama, sandaran kuat hukum adatnya)
374. Sasiuak namuah ka api,
salewai namuah ka aia.(Seseorang yang ingin mendapatkan
sesuatu dengan cara yang tidak baik)
375. Satali pambali kumayan,
sakupang pambali katayo, sakali lancuang kaujian, salamo hiduik urang
indak picayo.(Haruslah bersifat jujur dan benar dalam pergaulan, kalau
kelihatan kecurangan satu kali selamanya orang tidak percaya lagi)
376. Syarak banamo lazim, adat nan
banamo kewi, habih tahun baganti musim, buatan nan usah diubahi.(Bagaimanapun
kesulitan yang dihadapi, kesengsaraan yang dialami, tetapi keputusan bersama
jangan dirobah)
377. Siang manjadi tungkek, malam
manjadi kalang.(Hendaklah pegang dan amalkan setiap pelajaran yang baik dan
nasehat orang tua)
378. Sungguahlah kokoh adat
Minang, mambuek adat jo limbago, malangnyo panjajah datang, rusaklah adat
dibueknyo.(Adat Minang yang kuat dan kokoh dulunya telah banyak dirusak oleh
penjajah di zaman lampau)
379. Satuntuang tabu dek ulek,
satuntuang sajo kito buang.(Seorang berbuat salah jangan
semua keluarga dibencii)
380. Sirauik tajam batimba, tak
ujuang pangka manganai, sudu-sudu batimba jalan, ditakiak kanai gatahnyo.
Kalauik tuah takaba, bumi jo langik nan mananai. Duduak di kampuang jan
umbilan, kandang buek tumpuan tanyo.(Seharusnya
setiap orang Minangkabau mengetahui tentang seluk beluk filsafat adatnya,
karena semua bangsa mengenal keunikan adat Minangkabau itu, terutama tentang
sistim kekerabatannya dan matrilinialnya)
381. Siriahlah pulang kagagang,
pinanglah suruik katampuaknyo. Karih baliak kasaruangnyo, baju tasaruang ka nan
punyo, ameh pulang katambangnyo.(Suatu benda berharga yang sudah
lama tidak ditemui, sekarang kembali kepada yang empunya semula, seperti
merebut tanah air dari tangan penjajah, sampai kita merdeka)
382. Sadang baguru kapalang aja,
lai bak bungo kambang tak jadi. Kunun kok dapek dek mandangga, tidak
didalam dihalusi.(Setiap menuntut pengetahuan
jangan putus ditengah, dan kurang mamfaatnya dengan mendengar saja, kalau
dibandingkan dengan belajar sesungguhnya)
383. Sabab karano dek baitu,
tumbuahlah niaik dalam hati, nak manuruik tambo nan dahulu sajarah adat nan
usali.(Kalau ajaran adat telah dapat dipahami kemana masyarakat hendak
dibawa oleh ajaran adat itu maka akan timbullah hasrat untuk mendalamnya)
384. Sangajo guno diuraikan,
kahadapan nan basamo, untuak nak samo dipikiakan, nak samo dirunuak nan
tujuan.(Penggugah hati para pembaca terutama putra Minang untuk mendalami
filsafat adatnya)
385. Satinggi-tinggi malantiang,
mambubuang ka awang-awang, suruiknyo katanah juo. Sahabih dahan jo
rantiang, dikubak dikulik batang, tareh panguba barunyo nyato. (Adat
Minangkabau tidak akan bisa dipahami secara baik, apalagi untuk dihayati dan
diamalkan tanpa mendalami sungguh-sungguh)
386. Santan babaleh jo tubo,
nikmat babaleh jo sansaro.(Kebaikan yang pernah diberikan
seseorang kepada orang lain, tetapi balasannya dengan yang buruk)
387. Saumpamo aua jo tabiang,
umpamo ikan jo aia.(Pergaulan yang baik saling bantu
membantu dan kuat menguatkan, dan saling membutuhkan)
388. Sikujua baladang kapeh,
kambanglah bungo karawitan. Kok mujua mandeh malapeh bak ayam pulang
kapautan.(Setiap orang pergi merantau mengharapkan kehidupan yang baik dan
pendapatan yang akan dibawa kekampung halaman)
389. Tak lakang dek paneh tak
lapuak dek hujan, dianjak tak layua, dibubuik tak mati.(Kebenaran
yang dikandung oleh Adat Minangkabau, karena ajarannya bersumber dari
ketentuan alam yang disusun jadi pepatah yang senantiasa kebenarannya tidak
dapat dibantah)
390. Tabujua lalu tabalintang
patah.(Untuk mempertahankan kebenaran hendaklah dengan kegigihan yang
sungguh-sungguh)
391. Tarandam-randam indak basah,
tarapuang-apuang indak hanyuik.(Sesuatu perkara yang tidak jelas
duduknya, selesai tidak diusutpun tidak)
392. Tak ujuang pangka mangganai,
saragi baliak batimba.(Seseorang yang mempunyai
pengetahuan dan alat-alat yang lengkap, yang dapat dipakai serba guna)
393. Tasingguang kanai miangnyo,
tagisia kanai rabehnyo.(Kesalahan yang dibikin oleh
seseorang, merembet-rembet kepada orang lain)
394. Tak siriah pinang mamalan,
tak pasin anguakpun tibo.(Seseorang yang pandai mengikat
seseorang dengan suatu perhitungan)
395. Tak laju bandiang mamacah,
tak lalu dandang di aia, digurun ditajakkan juo.(Seseorang
yang berpikiran jahat kepada orang lain, dia selalu berusaha untuk melaksanakan
dimana dan kapan saja)
396. Tatungkuik samo makan tanah,
tatilantang samo minum ambun, tarapuang samo hanyuik, tarandam samo basah.(Kerja
sama yang baik dalam masyarakat, kesatuan hati dan pikiran, kesatuan pendapat
dan gerak adalah pokok utama)
397. Titiak buliah ditampuang,
maleleh buliah dibaliak.(Hasil kerja sama yang baik ini
akan dapat dinikmati bersama oleh orang banyak)
398. Tagak indak tasundak,
malenggang indak tapampeh.(Seseorang pemimpin yang punya
wewenang penuh dan wibawa)
399. Talalok talalu mati,
manyuruak talalu hilang.(Seorang pandai yang meinsulirkan
diri dari masyarakat dan tak ingin bertanggungjawab)
400. Tinggi lonjak gadang
galapuah, nan lago dibawah sajo.(Sifat seseorang yang senantiasa
segala pandai dihadapan orang yang tak tahu, tetapi sebenarnya kosong
belaka)
0 komentar:
Post a Comment