Sunday 25 October 2015

Tips Nonton Pesta Budaya Tabuik Piaman 2015

Diposkan oleh bowjie narre di 09:12

Hari ini adalah hari puncak pelaksanaan Pesta Budaya Tabuik Piaman 2015, nah mungkin kangkawan yang baru pertama ngeliat hari puncak Hoyak Tabuik ini agak kaget ya, kenapa? ya karena biasanya Pariaman akan menjadi lautan manusia, berlebihan ...saya rasa ga..karena tiap tahun memang seperti itu, ya sesuai juga juga dengan kata orang-orang “Piaman tadanga langang, batabuik makonyo rami”, tapi jargon ini sepertinya udah mulai ga berlaku juga karena dihari-hari biasa Pariaman juga udah mulai banyak dikunjungi wisatawan, walau itu hanya sebatas wisatawan lokal, nah..kali ini saya coba corat-coret sedikit tips, ya itung-itung berbagi pengalaman selama saya ngeliat acara yang dikenal dengan sebutan urang Piaman baralek gadang ini


  1. Untuk anda yang ingin berpose diatas Tabuik, pastikan anda datang sebelum pukul 12 siang ya, karena biasanya kalau udah lewat jam segitu, dipastikan orang-orang akan rame banget dan itu membuat anda harus antri dengan yang lain, ya kalau memungkinkan datang aja agak pagian, biar anda lebih leluasa untuk berfoto didepan atau diatas kerangka Tabuik, nah seru dong..secara ini momen tahunan gitu..
  2. Biasanya kalau tabuik ini cuaca Pariaman akan panas banget, jadi usahakan anda tidak salah kostum, biar anda nyaman untuk menyaksikan seluruh rangkaian acara, kalau bisa jangan pake jeans panjang dan ketat, itu akan bikin gerah, usahakan pake celana pendek aja, atau kalau pengen pake celana panjang, usahakan yang berbahan tidak panas seperti katun misalnya. Nah kalau untuk atasan pake sweater yg bahan kaos aja, ataupun kalau ga pake sweater, usahkan pake sunblock,biar kulit anda tidak terbakar alias tidak gosong, eh jangan lupa bawa pelindung kepala topi atau payung sekalian kaca mata untuk lindungi mata, dan biar tetap gaya pastinya
  3. Nah untuk anda yang perginya rombongan, pastikan anda bikin janjian untuk ngumpul dimana jika anda terpisah dengan rombongan, karena biasanya jaringan sibuk,,buk..buk banget, tapi biasanya beberapa operator seluler bikin tower tambahan sih... tapi tetap aja sibuk.
  4. Untuk yang jajan, jangan segan-segan untuk nanya harga dulu kepedagang nya, pengalaman beberapa teman-teman saya, harga makanan dan minuman mendadak dangdut menjadi mahal, mudah-mudah ini ga kejadian ya..
  5. Pastikan kamera dan gadget anda batrainya penuh, ga lucu dong ya kalau tetiba lagi nonton Tabuik eh anda kehilangan momen untuk mengabadikan kenang-kenangan anda.
  6. Untuk anda yang bawa anak dibawah umur, pastikan dijaga secara ekstra, tiap tahun  ada aja gitu anak-anak dibawah umur yang terpisah dari orang tuanya, ataupun kalau terpisah jangan segan-segan lapor kepanitia yang ada dipentas utama, untuk diumumin lewat pengeras suara.
  7. Jangan pake perhiasan yang mencolok yang memancing copet menjadikan anda sebagai korban, karena menurut Bang Napi kejahatan itu terjadi bukan karena niat pelaku, tapi karena ada kesempatan.
  8. Buat yang ingin cari penginapan, carilah penginapan disekitar pusat kota, biar anda jalan kaki aja dari penginapan ke pusat lokasi acara.
  9. Untuk parkir khususnya roda 4, biar anda tidak terjebak macet ketika acara selesai, anda bisa parkir agak jauahan dari lokasi acara, karena biasanya Pariaman akan macet setelah prosesi selesai, sampe jam 9 atau 10 malam masih padat merayap, untuk yang bawa motor, jangan lupa dikasih pengaman ekstra, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  10. Biar lebih leluasa dan nyaman selama menikmati acara, pastikan bawa tas kecil, untuk barang bawaan anda, untuk saran sih pake tas selempang, biar bisa diselempangin kebagian depan, untuk keamanan. Tas kira-kira bisa memuat kamera, hp, dompet atau botol minumana ukuran sedang.
  11. Kalau anda ingin  menyaksikan pertunjukan kesenian ketika acara Hoyak Tabuik, usahkan anda berada pada bagian depan, karena tim kesenian biasanya tampil tidak diatas pentas, melainkan dibawah, jadi untuk anda yang posisinya agak jauhan dari pentas utama, dijamin ga bisa melihat pertunjukan kesenian yang dikemas secara kolosal.
  12. Yang ingin menyaksikan tabuik dibuang kelaut dari atas perahu, anda bisa mencari kapal-kapal sewaan disepanjang Pantai Gandoriah, biasanya bayar Rp. 35 ribu perorang.
  13. Berhubung Pariaman juga kena dampak kabut asap kiriman dari daerah tetangga, sebaiknya memang harus pake masker,, kalau anda ga punya masker, bisa anda minta di pos peanggulangan bencana asap di sekitar area Lapangan Merdeka
  14. Kalau yang ingin upload dimedia sosial jangan lupa bikin hastag #PestaBudayaTabuik dan #ayokepariaman ya, biar Pesta Budaya Tabuik jadi trending topic,,,
Well,,sekian tips dari saya, ini berdasarkan pengalaman pribadi selama menyaksikan Puncak Perayaan Pesta Budaya Tabuik Piaman, wajar aja ya Pariaman menjadi lautan manusia, karena Pesta Budaya Tabuik merupakan salah satu dari 10 pesta rakyat terbesar dinusantara dan tentu saja sudah menjadi bagian dari kalender pariwisata di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, akhirnya saya ucapkan selamat menyaksikan Pesta Budaya Tabuik Piaman tahun 2015, Hoyak !!!!!!


0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez