Thursday 13 November 2014

16 Fakta Pesta Budaya Tabuik Piaman 2014

Diposkan oleh bowjie narre di 11:37
Tabuik Piaman 2014 Berdiri dengan Gagah ditengah Lautan Manusia, Minggu (09/11)

Tabuik sudah dibuang ke laut, selama menyaksikan Pesta Budaya Tabuik tahun 2014, saya menemukan 16 fakta ketika saya menyaksikan acara urang piaman baralek gadang ini, apa saja? nih dia..


1. Fakta Pertama adalah Tabuik tahun 2014 prosesinya digelar selama 16 hari kalender, biasanya digelar selama 10 hari saja dimulai tanggal 1 s/d 10 Muharram, tapi berhubung 10 Muharram tahun ini jatuhnya pada hari Senin, dengan alasan pariwisata disepakati acara puncak diundur pada tanggal 16 Muharram atau bertepatan dengan hari Minggu, tanggal 09 November 2014, ya menurut saya ga p pa sih, tidak ada yang dirugikan kok, malahan bagus untuk pariwisata, semakin lama, semakin banyak yang berkunjung ke Kota Pariaman.
2. Fakta kedua adalah Pentas Kesenian Pesta Budaya Tabuik tidak hanya diisi tim kesenian dari kabupaten/kota di Sumatera Barat, tapi juga diisi tim kesenian dari propinsi tetangga, seperti dari Sumatera Utara, Jambi, Riau dan Bengkulu, sesuai dengan tema pelaksanaan tahun ini “Warna Warni Indonesia” yang menampilkan ragam kesenian nusantara.
3. Untuk pertama kalinya, gandang tasa dimainkan secara serentak dengan kurang lebih 40 gandang tambua dengan irama yang berbarengan dan serentak.
4. Kabarnya Tabuik sekarang lebih kokoh, kuat dan lebih gadang dibandingkan dengan Tabuik-Tabuik sebelumnya.
5. Proses pembuatan Tabuik yang dipusatkan di Rumah Tabuik Pasa dan Rumah Tabuik Subarang, setiap harinya selalu disaksikan banyak orang.
6. Begitu juga dengan prosesi (yang dianggap) sebagai ritual yang dimulai dari prosesi maambiak tanah, manabang batang pisang,  maradai, maarak jari-jari, maarak saroban sampai dengan Tabuik naiak pangkek,juga selalu mengundang kemacetan dan keramaian.
7. Duta Besar Iran yang diwakili oleh Hojjatullah Ebrahimian,Phd, turut hadir pada acara puncak Pesta Budaya Tabuik Piaman 2014.
8. Tidak tahu kenapa, Gubernur Sumatera Barat tidak hadir pada puncak Pesta Budaya Tabuik Piaman 2014, kalau ga salah juga tidak hadir pada tahun-tahun sebelumnya.
9.       Kota Pariaman menjadi lautan manusia pada puncak perayaan Pesta Budaya Tabuik yang digelar pada tanggal 09 November 2014.
10.   Kemacetan terjadi diseluruh pusat kota, dan itu berlangsung sampai pukul 21.00 wib.
11. Tahun 2014 ini, Tabuik dibuang dalam bentuk yang udah lumayan utuh, kalau dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya ( bukan tahun kemarin ya ) biasanya bagian-bagian Tabuik sebelum nyampe Pantai Gandoriah udah jadi rebutan, entah untuk apa, saya juga tidak tahu..kenang-kenangan kali ya, kalau untuk kenang-kenangan ga masalah ya, tapi kalau untuk hal yang lain,,KATAKAN TIDAK,,,
12. Masyarakat Piaman Laweh (Kota dan Kabupaten Padang Pariaman) patut berbangga memiliki satu iven yang telah menjadi kalender wisata di Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
13. Lagi-lagi masyarakat Piaman Laweh juga harus berbangga karena Pesta Budaya Tabuik satu-satunya pesta rakyat di Sumatera Barat yang ditonton jutaan orang.
14. Sampai saat ini saya tidak bisa memperkirakan berapa banyak orang yang datang pada puncak perayaan Pesta Budaya Tabuik Piaman ini, atau anda yang pernah hadir menyaksikan langsung mungkin bisa bantu saya menghitung? Kenapa saya ingin mengetahuinya, jika saya sudah dapat perkiraan jumlah pengunjung, coba dikalikan Rp. 25.000 ( ya kita anggap aja rata-rata pengunjung itu menghabiskan Rp. 25.000 di Pariaman ), berapa coba duit yang beredar di Pariaman, ketika acara puncak berlangsung, kalikan aja sendiri ya..hehehe
15. Fakta ke 15 adalah Pesta Budaya Tabuik Piaman merupakan salah satu dari 10 Pesta Rakyat terbesar di Nusantara.
16.   Fakta terakhir bahwa pelaksanaan Pesta Budaya Tabuik Piaman adalah semata-mata untuk kebudayaan dan pariwisata, tidak ada unsur-unsur lain dalam proses pelaksanaanya.

0 komentar:

Post a Comment

 

catatan BOWJI NARRE Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez